Di Korea Sekarang Game “League of Legends” Dan “Esports” Dimasukkan Kedalam Materi Pelajaran Mereka

Saat ini bisa dikatakan eSports terus berkembang. Dan sepertinya pentingnya esports semakin mendapat perhatian dari masyarakat luas. Kini di Korea Selatan, pemerintah telah memasukkan mata pelajaran eSports dalam pendidikan negara, salah satunya adalah game League of Legends, game MOBA terpopuler di Korea Selatan.

Baru-baru ini dikabarkan bahwa sebuah sekolah di Korea Selatan telah sukses meluncurkan kursus kelas League of Legends dan Esports. Secara tidak langsung ini merupakan peluang penting bagi esports kompetitif untuk dikembangkan ke dalam struktur pendidikan sekolah menengah atas. Dan memberikan siswa lebih banyak pilihan dalam apa yang mereka kuasai, terutama berbagai game esports yang saat ini sedang berkembang pesat. Pelan-pelan juga, impian banyak mahasiswa yang ingin menjadi atlet esports profesional di masa depan kini terbuka lebar.

“League of Legends” Dan “Esports” Di Korea

League of Legends sendiri telah diluncurkan sejak tahun 2009, game ini telah menyelenggarakan beberapa turnamen esports, terutama pada tahun 2011 ketika Riot menyelenggarakan turnamen profesional pertamanya. Dan sejak itu, tidak ada yang menghentikan perkembangan esports, bahkan pandemi tidak menjadi kendala. Tentu saja kabar tentang esports yang masuk dalam kurikulum pendidikan disambut baik oleh masyarakat di sana. Tapi tetap saja, membawa esports ke dalam kursus pendidikan membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan dan memahami orang luar yang tidak begitu akrab dengan esports. Contohnya seperti yang terjadi di AS Amerika Serikat pada tahun 2020, di Kentucky, sebuah sekolah mengadakan kursus yang mengajarkan permainan Fortnite, namun pada akhirnya ditentang keras dan menyebabkan pihak sekolah membatalkan kursus ini.

Esports di Indonesia

Sekarang berbicara tentang Indonesia, perkembangan esports di tanah air memang sulit untuk dibendung. Sepuluh tahun yang lalu, kami melihat banyak anak-anak bermain sepak bola di setiap sudut jalan. Coba bandingkan dengan jaman sekarang, anak-anak sekarang lebih dominan memegang smartphone dan memainkan salah satu game tertentu (Free Fire, PUBG Mobile, Mobile Legends, dll). Hal ini menandakan bahwa esports saat ini sudah sangat maju di Indonesia.

Recommendation for You  Setting Guide Dota 2 Lengkap

Pendapat Kalian Bagaimana jika indonesia juga seperti Korea?

Hmmm apakah negara kita Indonesia juga akan mengikuti jejak negara korea yang di juluki “The Land of the Morning Calm” yang berarti Negeri Pagi yang Hening, dan bagaimana menurut kalian jika memang Indonesia memberikan pelajran khusus atau kurikulum tentang esports?? menarik juga bukan?