9 Metode Mudah Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat

Jika anda mengalami sakit gigi, solusi terbaik untuk sakit gigi adalah pergi ke dokter gigi. Dokter gigi biasanya memberi Anda obat penghilang rasa sakit ketika anda memiliki masalah gigi dan menyarankan Anda untuk datang kembali lain waktu ketika rasa sakitnya mereda. Pilihan lainnya adalah mencari cara mengobati sakit gigi yang bisa dilakukan di rumah.

Penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam, mulai dari kerusakan gigi, infeksi, penyakit gusi, pertumbuhan gigi, atau perikonitis (radang jaringan gusi di gigi belakang).

Namun apapun penyebabnya, rasa sakit yang dirasakan biasanya tidak hanya membuat susah makan dan minum, tapi juga menjalar ke kepala.

Sebenar nya ada beberapa cara untuk menghilangkan sakit gigi secara alami yang dapat anda lakukan dirumah ,berikut cara yang dapat anda lalukakan untuk menghilangkan sakit gigi.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Es Batu

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Es Batu | etagege

Obat alami lain yang direkomendasikan untuk sakit gigi adalah dengan es batu. Dinginnya es batu dapat mematikan saraf penyebab rasa sakit, tidak hanya menghilangkan rasa sakit. Selain itu, es batu yang dingin juga merangsang penyempitan pembuluh darah di wajah dan memperlambat aliran darah ke tempat cedera.

Ini dapat membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit. Caranya adalah dengan memasukkan beberapa es batu ke dalam kantong plastik lalu tutup kembali dengan kain lap tipis. Lalu kemudian kompres pada pipi yang sakit selama 15 menit. Anda juga bisa menggigit es batu langsung ke permukaan gigi yang sakit.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Madu

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Madu | etagege

Madu juga bersifat antiseptik dan antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi. Tidak hanya itu, madu juga dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan radang gusi.

Anda bisa melarutkan sesendok madu ke dalam segelas air hangat dan aduk rata. Gunakan air madu sebagai obat kumur selama 30 detik. Buang obat kumur dan akhiri dengan minum air putih.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Garam

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Garam | etagege

Berkumur dengan air garam merupakan tindakan pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter gigi. Berkumur dapat membantu melonggarkan partikel makanan yang tersangkut di antara gigi Anda. Sedangkan garam dapat meningkatkan keseimbangan pH di dalam mulut. Ini juga menciptakan lingkungan basa yang membuat bakteri sulit untuk hidup.

Recommendation for You  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah Dan Gampang Seketika

Bakteri hanya dapat berkembang biak di lingkungan yang asam dan lembab. Nah, umumnya lingkungan itu terjadi karena mulut kering. Saat mulut kering, air liur yang dihasilkan lebih sedikit, padahal air liur berfungsi untuk menetralkan keseimbangan PH di dalam mulut.

Berkumur dapat mengurangi mulut kering. Karena itu, cara ini bisa membantu meredakan sakit gigi dan mengurangi pembengkakan gusi. Cara tradisional mengobati sakit gigi ini juga bisa mempercepat penyembuhan luka di area mulut.

Menggunakan air garam sebagai obat alami sakit gigi sangatlah sederhana cara nya

  • Cukup larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat.
  • Berkumurlah dengan air garam minimal dua kali sehari atau sampai sakit gigi mereda.

Menggunakan air garam sebagai obat sakit gigi sudah ada sejak zaman dahulu, Cara alami ini juga dianggap aman untuk ibu hamil.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Daun Jambu

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Daun Jambu  | etagege

Salah satu mengobati nyeri sakit gigi dengan menggunakan daun jambu. Daun jambu memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan sekaligus analgesik yang dapat menjadi cara untuk mengobati sakit gigi di rumah.

Meringkas berbagai penelitian, daun jambu dapat di gunakan untuk membantu meredakan sakit gigi dan peradangan akibat periodontitis. Dua penelitian berbeda dari Filipina dan Kamerun juga menunjukkan bahwa daun jambu biji efektif dalam mengobati sariawan.

Cara menggunakan nya cukup mudah.

Kunyah 1-2 lembar daun jambu biji sampai airnya keluar.

Kemudian oleskan air daun langsung ke gigi yang sakit dengan lidah Anda. Namun itu pasti akan terasa pahit saat mengunyah nya. Cara lainnya, Anda bisa merebus empat hingga lima lembar daun jambu lalu saring air nya ke dalam gelas.

Diamkan sebntar sampai sehangat kuku, tambahkan sedikit garam.

Lalu gunakan air rebusan daun jambu itu untuk berkumur.

Ulangi Cara ini beberapa kali.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Bawang putih

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Bawang putih | etagege

Manfaat bawang putih telah dikenal selama ribuan tahun sebagai obat alami untuk sakit gigi. Bawang putih mengurangi rasa sakit dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit gigi sangat sederhana.

Recommendation for You  Ramuan Nenek Moyang Leluhur, Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat-obatan Kimia dan Efek Samping Dengan Menggunakan Bahan Alami

Anda bisa mengunyah bawang putih mentah di sisi mulut tempat gigi Anda yang sakit selama beberapa menit. Jika tidak terlalu suka, potong bawang bombay menjadi irisan tipis dan gigit irisan tersebut ke area gigi yang sakit.

Anda juga bisa menggiling bawang putih untuk dioleskan pada area gigi yang sakit. Namun, sekali lagi ditegaskan bahwa Anda perlu berhati-hati saat menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit gigi.

Menurut penelitian , meninggalkan bawang putih mentah di dalam mulut terlalu lama dapat menyebabkan luka bakar pada gusi dan jaringan lunak di dalam mulut.

Tidak hanya itu bawang putih mentah yang dioles langsung pada kulit juga dapat mengakibatkan luka bakar.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunaka Daun Peppermint

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunaka Daun Peppermint | etagege

Hampir sama dengan cengkeh, peppermint atau pepermin memiliki kandungan yang mematikan untuk bakteri hal ini dapat meredakan sakit gigi. Pengobatan sakit gigi herbal ini juga mengandung mentol yang dikenal sebagai antibakteri.

Cukup rendam daun peppermint kering dalam air panas dan diamkan selama 20 menit. Jika terasa hangat , Anda bisa menggunakannya sebagai obat kumur atau bahkan meminumnya.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Cengkeh

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Cengkeh | etagege

Cenggkeh merupakan salah satu bumbu untuk memesak,namun cengkeh juga dapat mengobati sakit gigi karna cengkeh memiliki senyawa eugenol. Dalam hal ini cengkeh secara alami dapat meredakan rasa sakit.

Dokter gigi juga menggunakan pengobatan eugenol untuk meredakan nyeri pada gigi atau gusi. Untuk itu, banyak yang menggunakan cengkeh untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Ada beberapa cara menggunakan cengkeh sebagai obat alami untuk sakit gigi.

Ada yang menyarankan untuk menggigit seluruh batang cengkeh ke area gigi yang sakit. Ada juga yang menyarankan menggunakan bola kapas yang dicelupkan ke dalam minyak cengkeh dan dioleskan pada gigi yang sakit.

Namun, waspadailah risiko iritasi, sesak napas, dan pendarahan saat menggunakan cengkeh. Dan juga, waspadai risiko iritasi mata akibat kontak langsung tangan dengan mata setelah memegang cengkeh. Jadi pastikan untuk segera mencuci tangan setelah memegang cengkeh.

Recommendation for You  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah Dan Gampang Seketika

Selain itu, biji atau minyak cengkeh yang tertelan juga dapat meningkatkan risiko sakit tenggorokan dan muntah. Jadi pastikan minyak cengkeh tidak menetes ke lidah atau gusi sensitif Anda.

Kelalaian ini dapat menyebabkan sensasi terbakar pada gusi atau merusak jaringan dan saraf di sekitar gigi yang sakit. Minyak cengkeh juga tidak boleh digunakan pada wanita hamil dan menyusui, anak-anak, dan oran-orang yang memiliki riwayat medis tertentu.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tanaman Timi (Ramuan)

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tanaman Timi (Ramuan) | etagege

Mungkin sebagian orang tidak mengetahui tanaman thyme,tanaman thyme murupakan salah satu bahan untuk membuat saos pesto. Tidak hanya itu ternyata tanaman thyme ini jga bisa menghilangkan nyeri pada sakit gigi.

Thyme dikatakan memiliki kadar antibakteri dan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu mengobati sakit gigi. Cukup taruh minyak esensial thyme dalam jumlah yang cukup pada kapas dan kemudian oleskan ke area gigi yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa mencampurnya dengan air dan membuat obat kumur.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berkumur Dengan Cuka

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berkumur Dengan Cuka | etagege

Jika Anda tidak suka dengan asinnya air garam, mungkin cara mengobati sakit gigi ini bisa menjadi pilihan. Cuka dapur dan cuka sari apel mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang efektif membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Namun, jangan berkumur dengan cuka murni. Asam dari cuka dapat merusak email gigi jika terkena langsung. Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah.

  • Pertama, larutkan 1/2 sendok teh cuka dalam segelas air hangat.
  • Berkumur dan tahan di area yang terkena selama sekitar 30 detik. Lalu buang.
  • Jika Anda tidak tahan dengan rasa asam cuka, Anda bisa mengoleskan sedikit cuka pada kapas dan menempelkan kapas pada gigi yang sakit.
  • Kemudian segera bilas mulut Anda dan gosok gigi seperti biasa dengan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.
  • Cara di atas dapat anda lalukan di rumah dan tidak mengeluarkan biaya pergi ke dokter,karna bahan di atas dapat anda temukan di dapur.

semoga artikel Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat ini dapat membantu anda untuk mengatasi sakit gigi yang anda alami dengan cepat.